Halaman

Kamis, 15 November 2012

Resume Jurnal


Resume Jurnal Optimalisasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI
I.                   Pengantar
            Pembelajaran dengan menggunakan animasi komputer menunjang suatu pembelajaran secara dinamis dan interaktif. Oleh karena itu software pembelajaran multimedia interaktif dikembangkan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman dan disajikan dalam bentuk CD pembelajaran yang dapat diterima oleh salah satu atau lebih seluruh alat indera yang dimiliki.
            Penggunaan komputer digunakan untuk program latihan untuk pembelajaran, program tutorial untuk pelatihan, program demonstrasi, program simulasi, dan program permainan instruksional yang dapat meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi.
II.                Permasalahan
Lingkungan software menciptakan penilaian yang lebih. Pada pendidikan jarak jauh instrument haruslah lebih lengkap dan strategi yang digunakan harus memudahkan pembelajar. Desain software pembelajaran yang optimal, sejauh mana macromedia flash mendukung pembelajaran dan penangkapan pembelajar tentang pembelajaran adalah permasahan utama dalam optimalisasi penggunaan pembelajaran berbasis komputer.
III.             Tujuan dan Manfaat Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengaplikasikan Macromedia Flash untuk peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran, perancangan model multimedia yang optimal dan interaktif untuk sebuah pembelajaran, mengkaji potensi yang ada pada macromedia flash untuk mendukung pembelajaran, mengkaji peningkatan kompetensi yang didapat setelah diadakan pembelajaran melalui multimedia dan mengkaji kultur serta potensi pembelajaran berbasis multimedia interaktif.
IV.             Studi Pustaka
4.1 Komputer Sebagai Alat Bantu Pembelajaran
Keuntungan yang diperoleh dari penggunaan media komputer yaitu dapat meningkatkan keterampilan berpikir melalui gerak dan gambar. Kelebihan dari komputer diantaranya adalah dapat memotivasi pemula untuk menekuni materi yang baru, merangsang adanya minat dalam belajar dengan musik, grafik dan warna, nilai penguatan karena kecepatan dalam menanggapi respon, pembelajaran menjadi terencana karena kemampuan mengingat yang tepat, dapat menciptakan suasana tenang aman dan positif dalam penggunaannya, menunjang persiapan bagi pembelajar dan memperluan informasi yang diperoleh. Namun, komputer juga memiliki kelemahan dalam penggunaaanya diantaranya adalah terkadang pembelajaran belum tentu diterima secara jelas, komputer tidak data mengatasi permasalahan yang dihadapo secara individual oleh pembelajar, komputer tidak bisa mengubah perilaku pembelajar kea rah yang lebih baik, pembelajaran dengan menggunakan komputer lebih mahal dibandingkan dengan cara manual, dibutuhkan biaya, waktu dan tenaga yang banyak dan sering kali software dari komputer yang satu tidak dapat digunakan di komputer lain.
4.2 Software Macromedia Flash
            Macromedia flash merupakan aplikasi penggabungan grafis, animasi, tekas dan suara untuk untuk membuat animasi vector dan bitmap yang rumit dengan sangat cepat. Macromedia flash dapat pula disambungkan ke situs web. Aplikasi web database diantaranya adalah CGL, ASP, dan PHP. Macromedia flash sangat menunjang pembuatan film pendek, kartun, presentasi, iklan dan lain – lain dengan berbagai format video. Kelebihan macromedia flash adalah dapat memudahkan pembelajaran dan dapat meningkatkan ketrampilan berpikir pembelajar melalui gambar dan animasi yang ditampilkan.
V.                Metodologi dan Disain Penelitian
5.1 Disain Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan suatu model software pembelajaran dengan macromedia flash untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa adalah dengan mendesain model software, lalu mengembangkan software da melakukan uji coba serta analisis pembelajaran.
VI.             Hasil dan Pembahasan
5.2 Teknik Pengumpulan dan Pengolahan Data
            Instrumen berupa kwesioner untuk mahasiswa, dosen dan frekuensi akses mahasiswa. Software yang dikembangkan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman. Akan dilakukan uji performen akademik dengan analisis yang akan dikategorikan dalam 3 keadaan yaitu tinggi, sedang dan rendah.
5.3 Subyek Penelitian
Kegiatan akan dilaksanakan di Laboraturium Multimedia dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer FPMIPA UPI.
VII.          Hasil dan Pembahasan
Dibuat aplikasi dengan 3 menu utama yaitu sejarah, TC/IP dan IP Addressing. Dalam menu sejarah berisi tentang sejarah komputer dan jaringan, pada menu TCP/IP membahas tentang TCP/IP, fungsi serta kegunaan bagian – bagian layer dan yang terakhir pada menu IP Addressing berisi 2 submenu Classfull dan Classroom. Dimana classfull berisi pengalamatan IP pada kelas tertentu sedangkan pada classroom berisi seluruh alamat IP dalam satu kesatuan.
VIII.       Kesimpulan dan Rekomendasi
Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi pada komputer sangat menunjang pada suatu pembelajaran oleh karena itu perlu dikembangkan pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman dan disajikan dalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar